Filosofi Batik Menurut Sunan Gunung Jati

    Tentang Martabat Pitu ajaran para wali (Sunan Gunung Jati 1448-1568) Alam ahadiyat, alam wahdat, alam wahidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam insan kamil. Utawi hakikote ing jisim iku sulbi lan hakikote iku papat. Geni, angin, banyu, bumi. Utawi pekumpulan ing quran iku ing fatihah lan pekumpulane ing fatihah iku bismillah lan pekumpulane ing bismillah iku ing huruf lan pekumpulane ing huruf iku ing alif lan pekumpulane ing alif iku ing naqtu lan pekumpulane, ing naqtu iku ing naqot (Nuqot) ghoib. Menurut beberapa ulama, salah satunya adalah Syekh Nawawi al-Bantani dzuriyah Pangeran Sunyararas bin Maulana Hasanudin bin Sunan gunung Jati yg disampaikan melalui ceramahnya Gus Baha. al-Quraan diringkas di dlm fatihah, fatihah diringkas di dlm bismillah, bismillah diringkas di dlm huruf "Ba" Ba diringkas Ig di dalam titik. Menurut beberapa pengamal syatariyah di Cirebon, gabungan kata "Ba" & "Titik" inilah yg kemudian disebut "Batik" sehingga batik yg merupakan pakain khas Indonesia ini menurut sbegian pengamal tarekat syatariyah di Cirebon itu mengandung makna & filosofi mendalam, yakni mencakup seluruh isi al-Quran. Maka wajar saja jika dulu batik tidak sembarangan dibuat & dipakai. Hanya orang-orang keraton saja yg bisa memakai pakaian ini, itu pun yg sdh kelas spiritualnya tinggi. Ok tp berbeda dgn sekarang, batik tdk lagi dimaknai sbgmana di atas, sebab sobek kepaten obor dgn makna & filosofinya. Jd harus dondomono jrumatono kanggo sebo mengko sore, tegas Sunan Kalijaga. 

    


Dalam konteks martabat pitu, sejalan juga dengan apa yg dipaparkan oleh Ronggowarsito (Mas Bagus Burhan), pujangga Keraton Surkarta abad 19 dalam Serat Wirid Hidayat Jati bab Betal Muqoddas di bawah ini. Sajatine Ingsung. Anata mahligai ana sajeroning betal muqoddas. Iku umah anggone pesucen Ingsun, jumeneng ana ing khontole Adam. Kang ana sajeroning khontol iku prinsilan. Kang ana ing antarane prinsilan iku nutpah, yaiku mani, sajeroning mani iku madzi, sajeroning madzi iku wadi, sajeroning wadzi iku manikem, sajeroning manikem iku rahsa, sajeroning rahsa iku Ingsun. Ora nana Perigeran (Tuhan) anging Ingsun, dzat kang angaliputi ing kahanan jati. Jumeneng sajeroning NUKAT GHAIB tumurun dadi johar awal. Ing kono wahananing alam akhadiyat, wakhdat, wakhidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam insan kamil (Martabat Pitu) dadi manusa sampurna yaiku sajatine sipat Ingsun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jimat "Pengasihan Asikin"

Banten dulu adalah salah satu kesultanan di Nusantara yang tercatat pernah berpengaruh dari mulai Kerawang hingga negeri Malabar India di sa...