Satuan Pendidikan |
: STAI Nahdlatul Ulama (STAINU)
Malang |
||
Mata Kuliah |
: Ilmu Falak |
||
Tahun Pelajaran |
: 2023 (Genap) |
||
Kelas |
: ES-A |
Kurikulum |
: MBKM |
Semester |
: 6 (Enam) |
Dosen |
: Khoirul Anwar,
S.H.I., M.H. |
Bentuk Soal |
: Uraian UTS |
Waktu |
: 90 Menit |
Kopetensi Dasar |
Lingkup Materi |
Materi |
Merancang secara individual ataupun kolektif dalam membuat Pengukuran
Arah Kiblat Metode Segitiga Bola sehingga mahasiswa mampu mempraktekkannya |
Konsep, cara dan praktek Pengukuran Arah Kiblat Metode Segitiga
Bola pada tempat Ibadah |
Pengukuran Arah Kiblat Metode Segitiga Bola |
Indikator Soal Materi disajikan berupa perancangan Pengukuran Arah Kiblat
Metode Segitiga Bola dengan tujuan mahasiswa mampu membuat dan Mengabstraksi
Pengukuran Arah Kiblat Metode Segitiga Bola sendiri (C-6) |
||
Rumusan Butir Soal Disajikan kepada mahasiswa dalam menghisab atau menghitung Pengukuran Arah Kiblat Metode Segitiga Bola, sehingga mahasiswa dapat membuat dan mengabstraksi metode tersebut secara mandiri Stimulus Adanya perdebatan mengenai
teori bentuk Bumi. Ada yang percaya bentuk Bumi itu bulat, namun ada juga
yang mengeluarkan teori kalau Bumi itu datar. Sebenarnya, teori Bumi
bulat (round earth) vs Bumi datar (flat earth) ini sudah
menjadi bahasan yang banyak |
||
Soal Ke-4 Melihat ilustrasi
materi di atas untuk mengetahui arah kiblat dengan segitiga bola itu bisa atau tidak padahal adanya pendapat bahwa bumi
itu datar, Jelaskan! |
||
1. Mengetahui konsep teori Bumi bulat (round earth) vs Bumi datar (flat earth) secara matang (Skor 1) 2. Memberikan pelatihan dan pengertian mendalam akan teori Pengukuran Arah Kiblat Metode Segitiga Bola kepada masyarakat (Skor 1) 3. Pembuktian secara ilmiah dan sains akan bumi yang bulat atau datar berdasarkan geosentris atau toposentris (Skor 1) Catatan Jika terdapat ketepatan dalam menjawab hingga lebih dari 2 kata kunci maka di nilai 1 jika tidak menjawab maka nilai dianggap (0) / kosong |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar